Bali 28 - 31 Oktober 2008

Minggu, November 02, 2008













Seperti yang sering gw denger ada pepatah yang mengatakan “Jangan meninggal dunia sebelum ke Bali”…itu memang benar !! Kalau nggak percaya, buktikan sendiri…

Ini adalah ke 6 kalinya gw pergi ke Bali untuk urusan project kantor gw, jadi tiap bulan gw pasti ada jadwal ke Bali. Sebenarnya gw sedih harus meninggalkan anak dan suami gw di rumah, tapi karena dikirim kantornya ke Bali....hahhhhh...jadi agak bias perasaan gw. Bali gitu loh !!!!! Bingung gw musti sedih atau senang....






28 Oktober 2008

Gw dapat tiket Garuda Jkt-Dps jam 17.15 WIB, jadi mustinya gw sudah harus jalan dari kantor jam 3 biar bisa sampai di bandara jam 4.00, buat aman aja… Tapi ternyata gw baru bisa jalan dari Bapindo jam 3 lewat, gila hujan deras banget !! Anginnya gila-gilaan dan akhirnya jalanan macet di mana-mana.... Untung supir kantor gw canggih banget bawa mobilnya, udah kaya Lewis Hamilton di lintasan basah deh...gw aja sampai ngeri..

Akhirnya jam 4.30 gw baru sampai di airport, untungnya sudah sempat city check in di kantor, jadi masih bisa napas sambil masukin bagasi. Setelah hujan gila-gilaan, langit langsung cerah, perasaan gw langsung tenang memasuki pesawat.

Rizka, teman gw yang ikut berangkat untuk ngurusin masalah karyawan di sana, malah baru datang pas kita boarding. Gak kebayang gw kalau dia gak keangkut !!

Begitu sampai di Bandara Ngurah Rai jam 8 malam lewat, nunggu bagasinya lama.....banget !!! Itulah nggak enaknya kalau naik pesawat besar dan penuh. Nunggu bagasinya aja 30 menit sendiri. Nggak dapat troli pula karena lebih banyak troli yang rusak daripada yang bisa dipakai penumpang!!!











Karena kita masih merasa kenyang dan udah kemalaman juga untuk makan malam, kita memutuskan untuk mampir dulu ke Kuta Square, jalan-jalan nyusurin Kuta dan nongkrong sebentar deh, ngopi-ngopi centil di Starbucks sambil mandangin orang-orang dari berbagai negara mondar-mandir di depan kita. Untung ada KK BCA, jadi kita bisa buy 1 get 1 free frappucino murah (Coffe Jelly and Mocca Jelly) Rp. 40.500 hehehehe....







Kita duduk di sana sampai jam 10 malam, baru akhirnya capek dan check in ke hotel di daerah Sanur. Sampai kamar juga nggak bisa langsung tidur, abis kuping sakit banget. Lagi pilek dan naik pesawat pula !! Jam 2 subuh baru bisa benar-benar pulas...






29 Oktober 2008

Males banget rasanya bangun...belum hilang rasa ngantuknya. Abis kapan lagi ngerasain bisa tidur-tidur di hotel...dingin... Gw sih lumayan sering nginep di hotel ini, Sanur Paradise Hotel, persis di perempatan lampu merah daerah Sanur gitu deh lokasinya. Berseberangan langsung dengan KFC 24 jam, jadi kalau-kalau lapar, aman deh...



Kalau menurut gw sih, hotel ini cukup bagus kok, pelayanannya ramah dan ok banget deh, pemandangannya juga asri banget. Walaupun menu sarapannya musti lebih diperhatikan lagi variasinya. Dari pertama kali ke sini sampai sekarang, menunya belum ada variasinya sama sekali, sampai hapal gw mau makan apa....kentang goreng, telur mata sapi, sosis ayam, salad, bacon (ini sih sudah pasti !!!), roti panggang, jus jeruk dan kopi. Itu terus.....tapi secara keseluruhan, ok lah..

Jam 9 pagi kita baru cabut ke kantor klien di daerah WR. Supratman. Kerja..kerja...ayo kita kerja.. Tapi sejujurnya agak berat sih rasanya di Bali kerja...tapi mau gimana lagi....hiks hiks hiks... Untung 20 menit kemudian kita sudah sampai di kantor tersebut, jadi nggak terlalu kesiangan untuk mulai kerja dan cari-cari data. Gw mulai sibuk dengan kerjaan gw dan Rizka juga mulai sibuk gangguin gw mau pinjem laptop, soalnya laptop dia rusak sih, jadi nggak bisa dibawa ke Bali. Ya udah deh..kayak warnet aja, pakai laptopnya gantian. Di sana kebetulan kita diberikan ruangan sendiri untuk kerja dan ada fasilitas jaringan internet dan pesawat telpon (walaupun cuma buat internal kantor), tapi cukuplah...yang pentingkan bisa berhubungan dengan dunia luar...YM ataupun Outlook kantor Jakarta.



Jam 12 siang kita cari makan yang dekat-dekat kantor, akhirnya kita coba Nasi Campur Bali ”Wardana”. Supir gw sih bilang, kalau yang punya merupakan menantu dari pemilik Nasi Campur ”Wardani”, yang memang sudah terkenal sebelumnya.

Rumah makan itu tempatnya nggak begitu luas, ada pilihan mau duduk di dalam atau di teras. Kita sih di teras aja deh, abis udara lagi panas banget, karena di dalam juga cuma pakai kipas angin. Kita langsung aja pesan 2 porsi Nasi Campur (Rp. 17.500). Mungkin gara-gara sarapan hotel yang terlalu berat, jadinya gw kekenyangan deh. Padahal nasi campurnya enak, yang terdiri dari nasi ditambah campuran sate sapi, otak-otak, telur, sayur bali, udang goreng, irisan daging ayam, daging mirip dendeng tapi pedas dan sambal. Plus kita dikasih juga semangkuk kuah yang di dalamnya ada potongan labu siam. Segar deh... Porsi nasi yang dikasih juga banyak kok. Kalau ditambah Es Teh Manis...hhhmmmm...mantap deh, Rp. 20.000 udah kenyang banget.



Banyak juga pengunjung yang datang ke sana, mungkin karena pas bertepatan dengan makan siang, dan semuanya orang lokal. Kalau di Wardana ini, enaknya kita langsung dapat tempat duduk. Dibandingkan dengan Wardani yang harus ngantri nungguin orang lain selesai makan dulu. Males banget deh, kan nggak enak soalnya nungguin orang makan !!


Pulang dari Wardana, kita mampir sebentar ke Pusat Oleh-Oleh Khas Bali “Krisna” karena banyak titipan yang musti dibeli. Apalagi orang kantor gw yang permintaannya aneh banget, minta “Kacang Disco yang kemaren” Hah ???!!! Ada-ada aja...ada juga orang minta kacang disco yang paling baru, bukan yang kemaren!! Parah emang tuh anak !!! Dan semua pelayan di sana jadi bingung kan karena pertanyaan gw...”Maaf mbak, ada kacang disco yang kemaren ???!!! Hahahahaha.....





Sebenarnya bosan juga sih gw ke sini, abis tiap kali ke Bali, pasti harus ada aja titipan orang yang harus gw beli di Krisna. Tapi karena menurut supir gw, kualitas barang di sana lebih bagus karena buatan sendiri bukan titipan jualan orang, ya udah lah...ke sini terus deh akhirnya..





Setelah semua beres, langsung balik lagi ke kantor klien melanjutkan pekerjaan. Jam 5 sore setelah kerjaan selesai, kita mampir sebentar ke rumah yang disewa kantor gw buat project ini. Biasa lah, urusan administrasi, bayar pembantu dan listrik. Dari situ kita mulai cari makan malam deh, soalnya sudah jam 7 malam sih.. Lapar ??? Belum lah...tapi daripada bengong di hotel !!!

Dalam perjalanan balik dari kantor itu, kita harus mampir dulu cari warnet. Soalnya klien gw ngasih data dalam bentuk 3 DISKET!!! Hari gini masih ada ternyata orang yang ngasih data dalam bentuk disket !! Laptop aja sudah nggak ada slot buat disket...untung banyak warnet bertebaran di mana-mana, tapi beresiko juga sih, karena USB kita akan jadi rentan banget dari virus..tapi mau gimana lagi...

Akhirnya, setelah diputuskan, untuk makan malam, kita akan coba makan di Rosso Viro, restaurant di daerah Kuta. Sebelumnya gw pernah makan sama 2 boss gw waktu ke Bali sebelumnya., makanya berani gw rekomendasikan deh. Berlokasi tepat menghadap Pantai Kuta sehingga memberikan pemandangan yang romantis di malam hari, menawarkan berbagai jenis masakan (Italia, Indonesia, Asia atau masakan internasional lainnya). Porsinya makanannya juga lumayan banyak walapun harganya juga lumayan mahal deh...tapi namanya juga wisata kuliner, jadi hajar bleh !!!







Kita pilih tempat duduk di pinggir kolam. Pemandangannya romantis dan menenangkan, cuma sayangnya lagi nggak ada live music. Lokasinya persis di jalan yang menghadap ke pantai Kuta. Pengunjungnya juga lebih banyak orang asing dari pada orang lokal. Makanannya juga enak dengan porsi yang lumayan besar. Benar-benar nggak pelit deh sama keju!!! Kalau mau duduk di dalam restaurantnya juga nggak papa sih...pemandangannya sama bagusnya kok.



Setelah bolak-balik buku menu dan tanya-tanya ke waiternya, gw memutuskan untuk memesan Fettucini Polpa (Rp. 71.000) dan Ice Lemon Tea (Rp. 17.000). Sedangkan Rizka, teman gw itu, pesan Lasagna Bolognaise (Rp. 66.000) dan Aqua (Rp. 12.000). Kita dapat free appetizer, yaitu beberapa iris roti yang lembut banget untuk dimakan bareng saos mirip saos spaghetti.










Karena kita masih musti sambil kerja juga di sana, Rizka pesan ”the famous” Bali Coffee (Rp. 17.000) buat selingan, yang ternyata disajikan dalam teko kecil yang isinya bisa untuk 2 orang loh !!! Rasanya kopinya, kalau menurut gw, mirip sama kopi Lampung yach ??!! Tapi rasanya...hhmmm...enak banget !!!




Setelah kita kenyang dan kecapean juga, kita langsung balik ke hotel, ngantuk !! Eh..pak supir gw ternyata motong jalan sehingga kita melewati gang di samping Rosso Viro (gw lupa apa namanya...tapi gw inget jalannya). Kita ngelewatin banyak banget toko-toko souvenir, kaos, sepatu, sandal, tato..macem-macem deh. Dan di salah satu toko yang gw lewati pas naik mobil, ada yang kelihatan menjual “Kaos berlogo Superman”. Akhirnya...gw temukan juga tuh kaos, setelah sekian lama gw cari di mana-mana.. Itu titipan teman kantor gw yang sudah lupa kalau trend Superman sudah lewat, jadi nyarinya susah... Akhirnya kita putusin turun dari mobil dan jalan kaki nyusurin toko-toko sambil beli kaos Superman itu.




Ternyata, lumayan jauh kita harus jalan kaki menuju ke tempat parkiran mobil. Dan gw baru tahu kalau ternyata jalan lorong itu tembusnya di depannya Tugu Bom Bali 1, dimana di sana tertulis juga daftar nama-nama korban. Secara sekarang ini sedang hiruk pikuknya pemberitaan mengenai rencana pemerintah akan mengeksekusi para pelaku, tempat itu jadi rame banget. Wah...langsung deh kita foto-foto...sambil cari pak supir dan mobilnya.





Kita baru sampai di hotel jam 10.30 malam dan gw yang emang udah ngantuk banget, langsung tidur deh. Kalau teman gw masih kerja terus sampai jam 1 pagi. Kasihan juga yach....





30 Oktober 2008

Telat bangun deh gw !!!! Abis sarapan pagi, langsung deh jam 9.30 kita cabut dari hotel. Tapi waktu sarapan, kita sempat ketemu sama petugas hotel yang lagi bawa anak bayi bule jalan-jalan. Yak ampun.......lucu banget!!!! Berani banget sama orang lain, sama sekali nggak nangis waktu diajak ngomong dan digendong. Bapak dan ibunya sih masih di kamar (hihihi...ngapain yach, sampai-sampai bayinya dititipin ke pegawai hotel...hahahahahaha).







Setelah sampai di kantor, seperti biasa, langsung kerja. Untung orang penting yang mau gw temuin juga masih meeting di luar kantor sampai waktu yang belum jelas. Jadi gw nunggu sambil ngerjain kerjaan lain aja. Sampai akhirnya tidak terasa sudah waktunya makan siang...asyik..asyik...padahal kayaknya baru makan deh!!

Orang-orang di kantor klien gw ini cepat banget menghilangnya kalau makan siang, kita pasti nggak bisa nemuin siapa-siapa lagi deh !! Tertib banget !! Dan baru ada lagi jam 1 siang..Tapi di Bali tuh banyak banget upacaranya, jadi bisa aja tiba-tiba orang yang kita cari pagi ada, siang udah nggak ada (pulang) dengan alasan ada upacara. Wah, kalau kayak gitu, mundur lagi deh kerjaan...

Karena masih kenyang juga, kita memutuskan untuk pergi ke Jangkrik, tempat jual kaos dengan tulisan lucu-lucu, soalnya Rizka mau cari oleh-oleh buat temannya sedangkan gw karena sudah pernah ke sana, milih nunggu di luar aja. Kebetulan di sana sedang ada pameran kartunis dari Augustin Sibarani. Apakah karena kebetulan atau bagaimana, tapi kok sepi banget yach pamerannya. Gw nggak lihat ada pengunjung lain, buku tamunya juga cuma isi paling 5 orang, padahal gambar-gambar kartun yang ditampilkan menurut gw sih bagus-bagus kok dan mengandung banyak kritikan tajam ke penguasa.







Dari sana kita langsung ke Kuta Square untuk cari ATM sambil makan siang yang ringan. Akhirnya, kita putuskan aja untuk membeli Starbucks lagi (frappucino Coffee Jelly dan Mocca Jelly) dan untuk makannya, kita beli Mango Chicken Pocket di AW. Enak juga tuh Mango Chicken, isinya fillet daging ayam, tomat, selada cincang, mayonaise…beda gitu rasanya karena ada tambahan saos beraroma mangga, lumayan mengenyangkan. Kita makan sambil duduk-duduk di teras Starbucks, lagi-lagi ngelihatin bule-bule lewat.



Abis kenyang, kita langsung kembali ke kantor buat nyelesain kerjaan lagi. Agak lebih ribet memang 2 orang kerja dengan 1 laptop. Yang 1 kerja, yang lain main telpon atau yang 1 kerja, yang lain bengong...tapi mau gimana lagi, kita punya deadline masing-masing sih...

Balik dari kantor, kita mampir lagi ke rumah sewaan buat ngambil dokumen yang dulu pernah kita titipkan di sana. Setelah ngepak-ngepak, baru deh kita ke hotel dulu, buat istirahat dan mandi. Jam 19.30 kita baru keluar dari hotel dan memutuskan untuk makan malam di daerah Seminyak. Gw sih pernah makan di sana, jadi bisa kasih rekomendasi.

Kita akhirnya makan di restaurant Yunani, Mykonos, tempat yang gw rekomendasikan karena sebelumnya gw pernah makan sama boss gw di sana. Makanannya enak, tempatnya nyaman, harganya relatif murah, porsinya besar...apa lagi coba yang gw cari !!!!

Letak Mykonos Taverna (warung Mykonos) strategis di Jl. Oberoi, Seminyak dan terkenal dengan makanannya yang 100% merupakan makanan Yunani. Restorannya sendiri didekorasi bergaya mediterania.




Baca sana-sini....tanya bolak-balik, akhirnya diputuskan kalau kita akan memesan Manitaria (Rp. 27.500) sebagai makanan pembuka, yang isinya jamur, paprika, tomat, bawang bombay ditumis terus di atasnya ditaruh parutan keju feta. Porsinya banyak banget dan wuihhhh...gurih banget, ada rasa asin-asin sedikit dan asam...Sebenarnya kalau langsung dimakan pakai nasi panas, enak juga kali yach...hahahaha...


Untuk makanan utama, gw memesan Bifteki Makri (Rp. 50.000) dan segelas Shiraz Wine (Rp. 35.000). Makanan gw itu dibuat dari daging sapi dan domba yang dicincang halus terus digrill, dibentuk memanjang seperti sosis yang kemudian dipotong-potong dan di atasnya diberikan keju mozarella yang sudah meleleh serta ditemani dengan mash potato dan salad. Mantap.....huhhhhhh....... Wine nya sendiri rasanya ringan banget, jadi pas deh buat nemenin makan malam ini.





Rizka memutuskan untuk memesan Souvlaki Pita Bread (Rp. 40.000) yang mirip sama kebab gitu deh, kita boleh milih mau daging apa sebagai isiannya; ayam, pork, atau sapi. Jadi Souvlaki itu dibuat dari gulungan roti pita yang di dalamnya ada daging sapi (pilihan Rizka), selada, bawang bombay, tomat dan tzatziki (saos mirip mayonaise) dan disajikan dengan kentang goreng. Enak juga, katanya....kenyang banget !!! Untuk minumannya, dia memesan Greek Tea (Rp. 15.000), yang rasanya segar, mirip-mirip lemon tea.






Sebagai makanan penutup, gw memesan Baclava with Ice Cream (Rp. 27.500), yang ternyata pas datang....dasyat, enak banget!!! Dibuat dari fillo pastry (mirip kulit pangsit yang digoreng kering dan di dalamnya diisi dengan walnut cincang ditambah dengan canela dan sirup plus whip cream dan buah cerry serta ditambah dengan ice cream vanilla. Wuih.....lengkap banget deh pestanya !!!!




Setelah ngobrol-ngobrol sebentar karena perut benar-benar terasa penuh banget, kita memutuskan untuk jalan kaki sebentar sambil lihat-lihat resto lain sepanjang Jl. Oberoi, Seminyak. Ada resto Pizza Trattoria, Maroko, Jepang, Italia, dan juga Soho (gila...burgernya enak banget!!!) yang semuanya penuh banget sama orang asing. Tapi yang nggak kalah banyak di jalan itu adalah boutique-boutique yang bertebaran di kiri-kanan jalan.

Sampai di hotel sudah pukul 22.30 malam dan kali ini kita langsung tertidur dengan pulasnya. Karena malam ini kan kita terakhir di Bali, besok malam jam segini kita sudah akan tidur di rumah masing-masing di Jakarta.




31 Oktober 2008

Setelah sedikit berbenah dan sarapan di hotel (yang itu lagi-itu lagi !!!), kita putusin untuk ke mampir lagi sebentar ke Krisna karena masih ada titipan orang-orang yang belum dibelikan. Dari situ mampir lagi Joger (Pabrik Kata-Kata), beli sendal jepitnya, yang ternyata emang enak di kaki. Di sana rame banget, banyak bis wisatawan lokal yang lagi mampir. Jadi tempatnya yang atapnya agak rendah itu langsung terasa penuh sesak dan panas banget.



Setelah dari Joger, kita mampir dulu ke kantor Garuda di daerah Renon untuk city check in. Ternyata kita dapat pesawat yang terbang langsung ke Narita, Jepang. Enak banget kalau bisa dapat tempat duduk di lantai atas, sayangnya kita harus duduk di bawah….

Dari sana, kita langsung balik ke kantor dengan harapan nggak perlu lama di sana, jadi siangnya sudah bisa jalan-jalan. Dan ternyata kita SALAH BESAR!!! Justru di hari terakhir inilah pekerjaan kita malah banyak....ada aja yang masih kurang sehingga perlu dirapikan lagi.

Gw lupa kalau siang jam 12 harusnya kita sudah check out dari hotel karena malam kan kita sudah pulang. Untung ada teman kantor gw, Lis, yang jago memanipulasi orang, dia berhasil bernegosiasi supaya gw dan Rizka diperbolehkan late check out sampai jam 14.00. Canggih nggak tuh...Langsung deh dari kantor yang udah jam 12.30, kita buru-buru ke hotel dan ngepak-ngepak barang. Untuk makan siang, karena males mikir, kita makan siang di KFC seberang hotel. Rizka dengan menu Combo 2 (nasi, paha bawah dan Fruit tea) serta sup, kalau gw memesan paket Combo 3 (burger, kentang goreng dan coke) plus chocolate sundae.

Abis makan, kita langsung balik lagi ke kantor, untuk rencana ngebut nyelesaikan pekerjaan tersisa. Di jalan gw melihat ada banyak banget orang yang sepertinya sedang melakukan suatu persiapan upacara. Ternyata, menurut supir gw, mereka sedang bersipa-siap melakukan Upacara Ngaben massal. Jadi jenasah-jenasah yang sudah dimakamkan, dibongkar kembali untuk kemudian dilakukan upacara ngaben secara massal. Adapun dananya ditanggung oleh pihak desa adat. Untuk mengadakan upacara ngaben itu memang dibutuhkan biaya yang cukup mahal, sehingga banyak keluarga yang tidak mampu memilih untuk memakamkan terlebih dahulu jenasah keluarganya dan setelah ada dana cukup terkumpul barulah makam dibongkar. Jadi memang dari jenasah yang dibongkar itu, masih ada jenasah baru ataupun yang sudah hancur, hanya meninggalkan sisa tulang belulang.

Karena gw buru-buru dan nggak berani masuk juga, akhirnya gw cuma bisa foto-foto dari luar wilayah makam. Sebelumnya gw sudah tanya juga ke supir gw, yang pernah melakukan pembongkaran makam, apakah gw boleh memotret peristiwa itu.





Aduhhhh...kenapa juga pas hari terakhir mau pulang ke Jakarta, malah kerjaan banyak banget!! Hilanglah sudah rencana ke Tegalalang, Ubud (beli lampu) dan Uluwatu (tari kecak dan matahari terbenam).....Bahkan untuk makan malam pun kita sudah nggak sempat lagi. Dari kantor sudah jam 6 sore, padahal masih musti mengirimkan progress report ke Jakarta dan jaringan internet sudah dimatikan. Kita harus cari warnet lagi deh...Dari situ mobil kita ngebut untuk sampai di bandara pukul 19.30. Phiuh....sampai di bandara dengan tumpukan kardus (oleh-oleh dan dokumen), kita langsung ke counter check in untuk masukin bagasi kita yang seabreg-abreg itu. Terus keluar lagi untuk beli burger Mc Donald dan (lagi-lagi) Starbucks; Coffee Jelly dan Mocca Jelly. Ternyata kita adalah 8 penumpang terakhir yang belum masuk ke pesawat...hihihihi...heboh banget...Belum pernah gw setergopoh-gopoh gini naik pesawat...Akhirnya, setelah pintu pesawat ditutup, berangkatlah pesawat gw untuk terbang menuju Jakarta. Alexandra.....mama pulang sayang..... mama kangen banget.....


4 komentar:

  1. Nn mengatakan...:

    Enak bener siy jalan2 ke Bali nya :D ajak2 dunk....

  1. belahanjiwa mengatakan...:

    Ke Balinya sih enak Jay...tapi sambil kerjanya yang bikin nggak enak.... Jauh lebih enak kalau pergi sama loe dan anak-anak

  1. Veny mengatakan...:

    G juga seneng kok ke Bali , entah mengapa ember Bali pny daya pikat ..bener de kalo namanya Pulau Dewata .
    Favorite g Nasi campur Ibu Wardani .. pagi2 dah rame tapi si Ibu Wardani somse tampangnya dingin banget , he222

  1. belahanjiwa mengatakan...:

    Makanya nggak usah ke Ibu Wardani nya. Kan elo bisa coba makan di tempat menantunya, Wardhana. Sama kok enaknya..

 
Belahan Jiwa © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets